Kamis, 03 Mei 2012

Ringkasan Kuliah PINK : gaya-gaya komunikasi antarpribadi


GAYA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI
1.Bersosialisasi (socializer)
Tipe Socializer dapat menjadi lebih efektif dalam berhubungan dengan orang lain jika dapat mengontrol waktu dan emosi lebih baik, mengembangkan kemampuan seperti : menentukan dan mengatur sesuatu yang akan dikerjakan, berkonsentrasi pada apa yang dikerjakan. Jika seseorang memiliki gaya komunikasi yang berbeda dengan gaya bersosialisasi dan ingin berhubungan baik dengan socializer. Maka diharuskan untuk mengijinkan socializer ada kaanya keluar dari topic pembicaraan, tertarik dengan ide dan impiannya, menghindari konflik dan adu pendapat, member pujian terhadap penampilan dan karismanya.
2.Pemimpin (Director)
Tipe Director biasanya menjadi lebih efektif dalam berhubungan dengan orang lain jika berlatih mendengarka, membangun kesan yang lebih santai / tenang, dan mengembangkan kerendahan hati dan sensitivitas. Tipe Director harus memperlihatkan keprihatinan (rasa perhatian) kepada orang lain, mengungkapkan alasan secara verba. Jika seseorang memiliki gaya komunikasi lain dan ingin berhubungan baik dengan Director maka harus berkonsentrasi pada upaya dalam mencapai hasil yang diinginkan seefisien mungkin, tepat dan seksama, dan pandai mengatur sesuatu, dan ahli dalam adu pendapat, tidak berperasaan ketika terjadi pertentangan pendapat.
3.Pemikir ( Thinker )
Tipe Thinker biasanya dapat lebih efektif jika berhubungan dengan orang lain jika menunjukan dan menghargai orang lain secara lebih terbuka. Orang lain juga akan lebih menghargai tipe Thinker jika lebih tapat waktu dalam mengambil keputusan, memulai satu hal / berinisiatif, ada kalanya berkompromi degan orang lain yang memiliki pandangan berbeda. Jika seseorang memiliki gaya komunikasi lain dan ingin berhubungan baik dengan pemikir, maka seorang tersebut harus cermat dan memiliki persiapan yang baik.
4.Pencerita (Relater)
Seorang Relater biasanya dapat lebih efektif jika berhubungan dengan orang lain jika dapat menyelesaikan tugas pada waktunya dan menunjukan komitmen pada suatu hal yang penting adakalanya dengan berkata tidak. Jika seseorang memiliki gaya komunikasi yang lain dan ingin berhubungan baik dengan relater, bersikaplah hangat dan tulus dengan tipe relater, aktif mendengar terhadap keprihatinan dan perasaannya, dan pujilah kemampuan tipe ini dalam kemampuan bergaul dengan baik dengan orang lain.

Sumber : http://sicupuanshari.blogspot.com/2011/04/gaya-komunikasi-antarpribadi.html


GAYA - GAYA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI

Visual : Metode menciptakan gambaran untuk memahami stimuli. Mengorganisasikan pengalaman kita dengan gambaran dan citra. Gerak menjadi penting dan sering kali gerak tubuh dipakai untuk melukiskan pengalaman
Auditif : Mengorganisasikan kata-kata kedalam stimulus dan menyampaikan informasi , misalnya untuk melukiskan keindahan alam sabang kita menyatakan, betapa damainya alam disana membuat hati jadi tenang saat mendengar angin, seperti berbisik.
Kinestesis : Kita mengorganisasikan pengalaman kita dengan perasaan atas asosiasi. Emosi menjadi begitu penting dan konflik sering dilakukan, misalnya, saat menceritakan keindahan alam orang tersebut menyentuh lawan komunikasinya lalu berkata ‘’jernihnya laut disana”.... mengingatkan saya pada kebeningan mata ibu.4 Tipologi gaya komunikasi yang dikembangkan oleh Virginia Satir


Pengalihan : yakni komunikasi yang menunjukan apa pun yang dilakukan selalu tidak relevan dengan apa yang dilakukan orang lain.
Pendamaian : yakni gaya komunikasi yang menunjukan orang tersebut senang mengambil atau bahkan menjilat orang lain.
Tukang Menyalahkan : yakni orang yang suka mencari –cari kesalahan orang lain.
Komputer : yakni orang yang merasa dirinya benar-benar lemah batinya, orang ini akan menutupibkelemahanya itu dengan menjadi orang yang begitu rasional.4 Gaya yang di kemukakan Caron B. Goode seperti berikut :


Gaya behavior : Komunikan yang memiliki gaya behavior lebih menyenangi kebebasab ekspresi diri.
Gaya kognitif : Orang seperti ini membutuhkan pengakuan dan pemahaman. Pemahaman mereka orang yang berpikir serius.
Gaya Interpersonal : Orang yang seperti ini membutuhkan apresiasi . dalam komunikasi orang seperti ini sangat menuntut kejujuran.
Gaya Afektif : Orang seperti ini dinamakan juga sebagai seorang yang visioner atau bahkan disebut juga pemimpi.

Strategi dan Taktik Dalam Komunikasi AntarPribadi


Strategi adalah metode atau rencana untuk mencapai tujuan. Strategi komunikasi pada dasarnya merupakan metode atau rencana komunikasi kita. Stategi ini merupakan paduan antara ilmu dan seni. Startegi ini kemudian dijabarkan kedalam sejumlah taktik. Taktik bisa kita maknai sebagai tindakan yang merupakan bagian dari strategi untuk mencapai tujuan.
Strategi komunikasi juga akan banyak menunjukan ditentukan oleh tujuan komunikasi. Tujuan tersebut dapat rinci menjadi :

Memperoleh informasi
Memberi informasi
Membujuk
Memecahkan masalah
Konsultasi, dan
Mendengarkan keluhan. Tips berkomunikasi yang disampaikan oleh Faliklowski. Tips tersebut bisa kita anggap sebagai taktik dalam berkomunikasi untuk mencapai tujuan komunikasi yang sudah ditentukan sebelumnya:
1. Tips untuk orang introvret dalam komunikasi dengan ekstrovert

Berlatih untuk melakukan percakapan nonproduktif
Tampil penuh gairah dan semangat
Jadi orang ekspresif
Berlatih untuk memulai kontak
Mau memberikan umpan balik
Mengubah komunikasi nonverbal yang menunjukan keadaan santai dan terbuka.
2. Tips untuk orang eksrtovert dalam berkomunikasi dengan introvert

Hormati privasi lawan komunikasi sehingga tidak menunjukan pemaksaan pada mereka.
Menyediakan waktu untuk mendengarkan orang lain.
Menumbuhkembangkan kepercayaan misalnya dengan menjaga rahasia
Jangan bersuara dengan nada tinggi
Jangan memberi penilaian
3. Tips untuk orang yang indrawi dalam berkomunikasi dengan orang intuitif

Jangan terlalu menggeneralisasikan atau main mutlak-mutlakan karena pengalaman pribadi tak menjadi kebenaran fakta yang bisa saja tidak lengkap
Sediakan waktu untuk mempertimbangkan adanya berbagai peluang atau ketidakmungkinkan
Luas perspektif
Carilah makna dan relasi
Tentukan cara baru untuk mengungkapkan informasi
4. Tips untuk orang intuitif komunikasi dengan orang indrawi

Fokuslah pada apa yang terjadi sekarang dan disini
Dasari gagasan dengan informasi faktual
Jadilah orang berkomunikasi secara langsung dan terbuka, hindari penggunaan metafora
Tampilah dengan lebih banyak menggunakan pemikiran
Hormatilah metode-metode tradisional
Sumber : Buku Komunikasi AntarPribadi Universitas Terbuka




sumber: berdasarkan google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar